Bismillahirrahmanirrahim…

Mengutip perkataan Mario Teguh:

“SEMAKIN ENGKAU RAGU MENGENAI MASA DEPANMU, SEMAKIN ENGKAU HARUS PASTI MENGENAI YANG KAU KERJAKAN HARI INI”

Itulah topik yang ingin saya renungkan pada kesempatan kali ini. Kadang kita merasa ragu untuk melangkah karena kita merasa belum yakin terhadap apa yang akan terjadi di masa depan, sehingga muncullah sifat ragu di dalam diri kita.

Saya pernah membaca sebuah hadits dari Rasulullah SAW, kebetulan saya agak lupa redaksinya, yang berkata bahwa keragu-raguan itu asalnya dari syaitan, sehingga janganlah kalian memiliki sifat ragu-ragu.

Soalnya kalau kita ragu-ragu maka kita tidak akan pasti dalam melangkah..padahal kita harus yakin dengan keputusan yang kita ambil, menjalani sebaik-baiknya, dan menerima apapun hasilnya dengan sabar dan tawakal kepada Allah SWT. Tawakal dapat berarti kita senantiasa berbaik sangka kepada  Allah SWT, sehingga apabila nantinya hasil dari usaha kita belum sesuai dengan yang kita harapkan, insya Allah tidak akan pernah menyurutkan langkah kita untuk berusaha kembali.

PERSONAL GOAL SETTING 2010-2013

Maksud dan tujuan utama saya mempost tulisan ini adalah tiada lain untuk berbagi ilmu. Dan maksud lainnya adalah untuk mempertegas azzam saya dalam hati ini untuk senantiasa istiqomah mewujudkan impian-impian dan cita-cita saya ketika saya masih diberi kesempatan untuk merasakan kehidupan di dunia yang sangat singkat ini.

Saya pun menyadari, cita-cita yang besar tidak dapat tercapai dengan seketika, melainkan dicapai dengan langkah demi langkah sederhana yang dilakukan secara konsisten dalam waktu yang tidak secepat dan semudah yang  saya bayangkan.

Untuk itu, seperti yang dikatakan oleh om Mario Teguh, maka saya membuat suatu Personal Goal Setting yang baru, untuk Periode 2010-2013 yang berisi capaian-capaian yang harus saya penuhi di tiap periodenya. Dengan 4 etos kerja : Kerja Ikhlas, Kerja Keras, Kerja Cerdas, dan Kerja Tuntas, insya Allah saya yakin bisa mencapainya.. Amin!

Personal Goal Setting saya perode 2010-2013 terbagi menjadi beberapa periode, yaitu:

Periode 1 Hari-an

Periode 1 Minggu-an

Periode 1 Bulan-an

Periode  6 Bulan (Tenggat Waktu : 31 Januari 2011)

Periode 1 Tahun (Tenggat Waktu: 24 Oktober 2011)

Periode 2 Tahun (Tenggat Waktu: 24 Oktober 2012)

Periode 3 Tahun (Tenggat Waktu: 31 Desember 2013)

Karena Personal Goal Setting sifatnya personal tentunya saya tidak akan mempublishnya karena khawatir menjadi riya. Namun karena tulisan ini sifatnya untuk berbagi ilmu maka saya akan menjelaskan poin-poin nya saja.

Personal Goal Setting saya yang menjadi poin-poin capaian meliputi:

  1. Manajemen Waktu (Bangun tidur, belajar, aktivitas di kampus, dll)
  2. Ibadah Yaumiyah (Tadarus, hafalan, sholat sunnah, shaum, infaq, dll)
  3. Keuangan (Tabungan, pengeluaran, pemasukan, dll)
  4. Akademik (IPK, lulus kuliah, nilai, dll)
  5. Materi (Rumah, kendaraan, dll)
  6. Menikah (Silaturahmi, lamaran, akad nikah, dll)

Intinya, dengan adanya Personal Goal Setting, perjalanan hidup kita akan menjadi  lebih bermakna, karena setiap saat kita dapat menilai sejauh mana kita berusaha untuk mencapai cita-cita kita.

Akhir kata, semoga tulisan kecil ini dapat berguna bagi kita semua. Amin..

TETAP SEMANGAT !!

About these ads