Malam ini, di sudut kamar salah satu ruang asisten aku masih sendiri. Mencoba menghitung apa yang telah berlalu dan belum berlalu. Kawan, saat ini aku telah kembali jatuh untuk yang kesekian kalinya. Terasa sakit, dan menurutku yang menjadikannya lebih sakit dari sebelumnya adalah kini aku masih jatuh di lubang yang sama- untuk kesekian kalinya.

Hidup tak mudah bagiku, ataukah aku yang membiarkannya seperti itu, mungkin hanya hati nurani ini yang bisa menjawab.

Yaa Allah yang Maha Pemberi Petunjuk, berapa-kalikah sudah hamba mengacuhkan petunjuk-Mu walaupun hamba terus memintanya di setiap rakaat sholat hamba, walaupun hamba senantiasa mencarinya di setiap resapan ilmu yang hamba cari. Yaa Allah ampuni hamba ya Allah,, entah berapa banyak hamba memohon ampun pada-Mu.

Yaa Allah yang maha Pemberi Nikmat, sudah berapa banyak-kah nikmat yang engkau karuniakan pada hamba, namun terus nikmat itu justru membuat hamba melupakanmu dan melanggar suruhanmu. Ya Allah, hamba tahu-sungguh sangat tahu bahwa air mata ini tidak menjadi jaminan apakah dosa-dosa ini akan Engkau ampuni, apakah dengan air mata ini- diri ini tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah hamba perbuat untuk kesekian kalinya.

Hamba dapat melihat dengan mata ini-namun berapa banyakah mata ini hamba gunakan untuk melihat apa yang tidak pantas hamba lihat? Yang engkau larang untuk melihatnya, yang melupakan hamba dari Mu ya Allah.  Ya Allah ampunilah hamba..apabila kau cabut penglihatan ini sungguh yang hamba bisa lihat hanyalah kegelapan ya Allah, warna hitam tanpa batas..

Ya Allah,hamba dapat mendengar sampai saat ini, ya Allah betapa sepinya hidup ini ketika Engkau cabut pendengaran itu. Hilanglah sudah percakapan dengan teman-teman hamba, riang percandaan itu hilang sudah. Dunia Kau buat tiba-tiba menjadi keheningan yang menusuk selamanya ya Allah..

Yaa Alllah, apakah sudah terlambatkah bagi hamba untuk meminta ampunan-Mu? Apakah Engkau sudah jenuh dengan segala macam kesalahan yang telah hamba perbuat?

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung pada-Mu, dari godaan setan yang terkutuk lagi tersesat. Jadikanlah hamba lelaki yang kuat yang dapat menjalani semua aktifitas hamba dengan baik dan tidak terjatuh ke lubang yang sama untuk kesekian kalinya. Amin ya Allah.