Bismillahirrahmannirahim..

Walaupun sebenarnya sekarang sudah masuk hari ketiga puasa, tidak ada salahnya apabila saya mengucapkan: “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1431 H”, semoga segala ibadah kita di bulan ini diterima di sisi Allah SWT. Dan juga saya memohon maaf apabila selama ini terlontar kesalahan dalam perkataan maupun perbuatan yang  kurang berkenan di hati, insya Allah saya akan terus berusaha untuk memperbaiki dengan sebaik-baiknya.

Marhaban ya Ramadhan (Selamat datang bulan Ramadhan).

Ramadhan menurut saya adalah momentum yang tapat untuk meningkatkan kembali kualitas ibadah kita kepada Allah. Dimana di bulan ini terdapat berkah yang luar biasa, yaitu pahala dari amalan kita dilipatgandakan, dilebur dosa-dosa yang telah lalu, doa-doa kita diijabah oleh Allah, dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan di bulan Ramadhan ini.

Hemat saya, jangan sampai kita menyia-nyiakan momen yang berharga ini, belum tentu kita akan sampai lagi ke bulan ini di tahun berikutnya, ya kan. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya dengan semangat beribadah kepada Allah SWT. Harapannya ketika Idul Fitri nanti kita bisa merasakan terjadi peningkatan keimanan dan ketaqwaan dalam diri kita, karena hari ini tentu harus lebih baik dari hari kemarin, ya kan. Dan juga harapannya semangat beribadah ini dapat kita pertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi di bulan-bulan selanjutnya untuk menunjang semangat berikhtiar yang juga terus kita tingkatkan.

Menurut saya, semangat untuk berikhtiar (berusaha/bekerja) haruslah berbanding lurus dengan semangat beribadah. Pengalaman saya, ketika saya hanya semangat berikhtiar saja, tanpa meningkatkan semangat beribadah, saya sering  diliputi kekhawatiran dan perasaan cemas  yang berlebihan dalam menghadapi masalah. Alhamdulillah dengan meningkatkan semangat beribadah, perasaan saya menjadi lebih tenang, dan optimis insya Allah.

Nah, tadi kita sudah membahas mengenai peningkatan kualitas ibadah di bulan Ramadhan. Sekarang saya ingin membagikan sedikit sharing ilmu dan pengalaman mengenai tips & trik beribadah di bulan yang mulia ini. Silakan dibaca ya..😀

  1. Shalat wajib kalau bisa dilakukan secara berjamaah, dan juga kalau bisa dilaksanakan di mesjid.
  2. Setelah sahur jangan langsung tidur lagi, shalat shubuh dulu, lalu disempatkan untuk tadarus Al Qur’an beberapa menit, lalu tidur kalau memang masih ngantuk. Soalnya dari artikel kesehatan yang saya baca disarankan agar tidur minimal 1-2 jam setelah makan agar tidak mengganggu kesehatan tubuh. Para ulama salafus shalih bahkan melarang untuk tidur lagi setelah sholat shubuh agar tidak menimbulkan sifat malas dalam diri kita.
  3. Bagi yang ingin mengkhatamkan Al Qur’an dalam bulan ini :

Al Qur’an= 30 juz

Puasa kita tahun ini insya Allah = 30 hari.

Berarti 30 juz/30 hari = 1 juz /hari

1 juz = +/- 10 lembar halaman Al Qur’an

Berarti 10 lembar/hari

Kalau kita cicil dengan tadarus sehabis sholat fardhu= 10 lembar/5 = 2 lembar

Berarti dengan tadarus 2 lembar setiap harinya setelah sholat fardhu kita insya Allah bisa mengkhatamkan Al Qur’an pada malam takbiran nanti, mau?  Tapi perlu digarisbawahi tadarusnya jangan lupa baca arti dan pemahamannya juga ya..😀

4. Ketika berbuka, jangan terlalu banyak makannya, agar nanti pas shalat tarawih tubuh nggak terfokus untuk mencerna makanan yang ada di lambung, tapi fokus untuk sholat tarawih juga.

Mungkin cukup sekian dulu untuk sedikit obrolan dan sharing di bulan Ramadhan ini, akhirul kalam mohon maaf atas segala kekurangan dari tulisan ini.

Tetap semangat Berikhtiar dan Beribadah ya!