Siang ini, ada yang berbeda pada saat kubukakan pagar rumah untuk ibuku. Turun dari mobil Jazz hitam miliknya, kulihat matanya agak sembab. Terlihat seperti masih nampak lelehan-lelehan air mata yang belum kering sempurna di sudut-sudut matanya.  Umurnya yang sudah menginjak 54 tahun tanggal 16 Desember  kemarin seakan-akan memberitahuku dengan seksama bahwa ibuku sudah tidak muda lagi. Wajahnya tampak jelas menunjukkan ada sesuatu dibenaknya. Namun entah kenapa, saat ini rona kecantikan ibuku begitu terlihat daripada biasanya. Senyumnya itu, tampak ada sesuatu beban yang terangkat dari salah satu pundaknya.

Kusapa lembut ibuku, kulemparkan senyum terindahku padanya, lalu kuberitahukan kabar itu. “Bu, Hisma katanya udah selesai sidang TA-nya, dapet A”. Ibuku pun berkata, “Iya, tadi Hisma sudah nelpon ibu”, jawabnya singkat. Kita pun sama-sama tersenyum. Dan aku yakin, saat itu ibu pun merasakan haru yang sama seperti yang aku rasakan, rasa haru yang diciptakan oleh seseorang nun jauh disana.

Ya, itulah kakakku.. selalu dapat membuat kedua orang tuaku bangga dengan caranya sendiri. Kakakku yang waktu dulu selalu kutunggu pulang dari Taman Kanak-kanak sewaktu aku masih belum sekolah, kini sudah lulus kuliah dan menjadi orang dewasa yang mandiri dari orang tua. Kakakku yang agak galak, suka nonton anime, pengkoleksi dorama jepang, dan pendengar musik Rock itu (halah). Yang kuperhatikan dari kedua orang tuaku, terlihat pengorbanan mereka untuk menyekolahkan kakakku hingga saat ini selesai sudah.

Hari ini, ibukupun jadi sering menggoda ayahku, menanyakan nilai sidang tugas akhir ayahku semasa kuliah yang  mendapat nilai B hehe. Mereka pun jadi mengenang masa-masa pada saat lulus kuliah, menceritakan pengalamannya masing-masing. Jelas terlihat bahwa mereka sangat bahagia. Aku ingin mengakui, kakakku selalu sepuluh langkah didepanku dalam membahagiakan orang tuaku sampai saat ini,  hmm..

Gelar S.Kom itupun kini telah bertengger di belakang nama kakakku, tinggal dikukuhkan oleh upacara wisuda Februari nanti di Kampus Depok UI,  insya Allah.

nb: Kalau saya kapan wisuda? Hehe insya Allah menyusul semester depan, by the way jadi tambah semangat nih buat mulai ngerjain TA lagi pasca UAS ! Bismillahirrahmannirahim..🙂